Pembahasan Dua Raperda Ditunda Tahun Depan

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah, Raperda tentang pelayanan informasi publik, dan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, ditunda hingga tahun 2017 mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi antara pimpinan DPRD Jember, dengan Badan Pembuatan Peraturan Daerah, Bapperda, Senin siang. Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni menjelaskan, ada beberapa pertimbangan mengapa dua raperda itu, ditunda pembahasannya hingga tahun 2017 mendatang. Misalnya, untuk raperda lahan pertanian pangan berkelanjutan, dibutuhkan perda detail tata ruang untuk membahas raperda tersebut.

Sementara lanjut Thoif, untuk raperda detail tata ruang Kabupaten Jember, baru akan diusulkan di tahun 2017 mendatang. Jadi sebelum raperda itu lahir, maka raperda perlindungan lahan pertanian pangan belum bisa dibahas.

Thoif menambahkan, sedangkan untuk raperda tentang pelayanan informasi publik, dinilai masih diperlukan di Jember. Sebab tanpa adanya raperda tersebut, pemkab bisa membentuk pejabat pengelola informasi dokumentasi daerah.

(397 views)