Dirjen Imigrasi Lakukan Upaya Diplomasi Dengan Singapura Untuk Pulangkan Lanyala Mataliti

Dirjen Imigrasi Ronie F Sompie menyatakan tersangka kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana hibah Pemprov Jatim, Lanyala Mataliti, terdeteksi sejak dua hari lalu berada di Singapura. Demikian disampaikan Ronie disela-sela kunjungannya ke Jember, Jumat siang.
Menurut Ronie, setelah Lanyala Mataliti di tetapkan sebagai DPO, pihaknya melalui perwakilan imigrasi di Malaysia dan Singapura melakukan koordinasi dengan keimigrasian setempat. Informasi terakhir yang diterimanya dua hari lalu, Lanyala terdeteksi sedang berada di Singapura.
Karena itu lanjut Ronie, saat ini pihaknya sedang berupaya melakukan upaya diplomasi melalui jalur keimigrasian untuk membantu pihak kejaksaan agar yang bersangkutan bisa segera dipulangkan dan menjalani proses penyidikan di Indonesia
Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur sejak 29 Maret lalu menetapkan Lanyala Mataliti sebagai buron. Bahkan Jaksa Agung M Prasetyo mengaku sudah menghubungi interpol untuk meminta interpol mengeluarkan red notice untuk Lanyala. Sehingga kemanapun Lanyala pergi akan terus dikejar oleh interpol yang memiliki jaringan kepolisian di seluruh negara.
SIGIT

(536 views)