Bupati Turunkan Janjinya Menjadikan Bandara Jember Sebagai Embarasih Haji Menjadi Embarkasi Antara

Bupati Jember Faida akhirnya menurunkan sendiri janjinya untuk menjadikan bandara Jember sebagai embarkasi dan debarkasi haji, hanya menjadi embarkasi antara. Hal ini disampaikan Faida saat mendampingi kunjungan Dirjen Imigrasi Roni F Sompie di Jember, Jumat siang.
Kepada sejumlah wartawan Faida mengatakan dirinya tetap berkeinginan meningkatkan status bandara Jember yang saat ini masih kelas 3 menjadi bandara kelas 2 internasional. Jika dilihat dari data yang ada, Jember sudah memenuhi syarat untuk menjadi embarkasi dan debarkasi antara.
Sebagai langkah awal lanjut Faida, pemerintah Kabupaten akan memperjelas status tanah bandara karena Pemkab Jember ingin konsentrasi mengembangkan bandara yang ada di Jember dengan maksimal.
Sebelumnya dalam diskusi publik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Jember, terungkap banyak persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin menjadikan bandara Jember sebagai bandara Internasional embarkasi dan debarkasi haji.
Selain persoalan perijinan yang cukup rumit, posisi geografis bandara yang di kelilingi banyak bukit mempersulit pesawat jenis boing atau airbus milik Garuda bisa mendarat. Belum lagi panjang runway yang kurang memenuhi syarat untuk jenis pesawat berukuran besar.

(450 views)