Ijin H-O Bukan Dihapus, Tetapi Digabung Dengan Ijin Usaha Lainnya

Pencanangan penghapusan Ijin Gangguan atau Ijin H-O yang disampaikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, bukan berarti tidak diperlukan adanya Ijin Gangguan. Tetapi pengurusan Ijin Gangguan akan dijadikan satu dengan ijin usaha lainnya, untuk memangkas birokrasi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember Tri Laksono Titot. Menurut Titot, memang penggabungan pengurusan ijin usaha ini dinilai lebih efektif dan efisien, untuk meningkatkan masuknya investasi di daerah.

Yang terpenting masyarakat sekitar bisa menerima keberadaan investasi yang masuk. Sebab semangat diberlakukannya Ijin H-O, dulunya untuk memastikan tidak ada gangguan dari masyarakat setempat terhadap investasi, apalagi jika sudah mulai beroperasi.

Sejauh ini lanjut Titot, dirinya masih belum mendapatkan informasi pasti, seperti apa mekanisme penggabungan ijin tersebut. Mungkin investor cukup berkoordinasi dengan kepala desa atau camat, atau ada mekanisme lain. Yang jelas persetujuan warga tetap akan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi, untuk diterbitkannya ijin prinsip yang lain.

(488 views)