Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, BNP2TKI, akan memfasilitas proses pengajukan kredit usaha rakyat bagi TKI

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, BNP2TKI, akan memfasilitas proses pengajukan kredit usaha rakyat bagi TKI. Baik yang akan berangkat bekerja, maupun yang sudah pulang ke tanah air.
Kepala BNP2TKI Nusron Wahid ketika dikonfirmasi menjelaskan, di tahun 2015 lalu, pihaknya telah memfasilitasi kredit usaha rakyat bagi 15 ribu TKI. Baik untuk pribadi maupun keluarganya.
Di tahun 2016 ini lanjut Nusron, dari hasil evaluasi pihaknya, kredit usaha rakyat yang telah dibagikan kepada para TKI, baru mencapai 60 miliar. Padahal ditagetkan kredit usaha yang tersalurkan sebesar 7 triliun rupiah.
Nusron menambahkan, kredit tersebut bisa digunakan untuk tiga hal. Pertama untuk keberangkatan ke luar negeri, kemudian bagi keluarga, serta dimanfaatkan setelah mereka pulang dan berhenti menjadi TKI.
Nusron berharap, dengan kredit usaha tersebut, para TKI bisa usaha sampingan, sehingga berdampak terhadap peningkatan taraf hidup mereka.

(495 views)