1500 Personil Hari Ini Diterjunkan Untuk Menutup Tambang Liar Gunung Manggar

Sedikitnya 1500 personil gabungan TNI-Polri-Perhutani dan warga, hari ini mulai melakukan penutupan seluruh lubang tambang emas ilegal di Gunung Manggar.
Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif menjelaskan, selama ini image yang terbangun di masyarakat, seolah-olah aparat penegak hukum tidak bisa menertibkan tambang liar. Karena itu hari ini tim gabungan menjawab image tersebut, dengan melakukan penutupan untuk selamanya.
Sabilul menargetkan, hari ini seluruh lubang baik yang masih aktif ataupun tidak, bisa ditutup untuk selamanya. Selanjutnya untuk menjaga agar para penambang tidak kembali lagi, setiap hari sedikitnya 1 pleton tim gabungan, akan disiagakan di lokasi tersebut.
Sementara Kepala Perhutani Jember Johan Suryoputro menjelaskan, sekitar tahun 2013 lalu jumlah lubang mencapai 2500, dengan total seribu penambang. Setelah dilakukan operasi, dari hasil pendataan saat ini hanya tinggal 300 lubang, dengan 50 lubang yang masih aktif.
Ditargetkan hari ini seluruh lubang bisa ditutup keseluruhan. Namun jika tidak selesai, dua ratus personil akan menginap hingga 3 hari di Gunung Manggar. Jika belum juga bisa diselesaikan, maka akan diperpanjang hingga 6 hari. Yang pasti menurut Johan, aktifitas tambang liar Gunung Manggar harus berhenti selamanya.

(362 views)