Polemik Tambang Di Tutup Dengan Kesimpulan Tidak Boleh Ada Ijin Tambang Di Jember

Persoalan tambang di kabupaten jember sudah selesai. Karena itu pj bupati jember supaad sebelum mengakhiri tugasnya, tidak bersedia memberikan saran apapun terkait tambang kepada bupati terpilih, karena sudah menjadi kesimpulan masyarakat tidak boleh ada tambang di jember.

Kepada sejumlah wartawan supaad menjelaskan, beberapa waktu lalu dirinya sudah mengundang seluruh pihak terkait termasuk tokoh masyarakat, untuk mendengar keinginan masyarakat terkait tambang pasir besi dan emas. Para pemangku kepentingan termasuk beberapa pejabat pemprov jawa timur, sudah mendengar sendiri aspirasi masyarakat jember.

Dengan demikian lanjut supaad, dirinya menganggap polemik soal pertambangan sudah ditutup, dengan kesimpulan masyarakat menolak, dan tidak boleh ada ijin tambang di kabupaten jember. Sehingga supaad menilai tidak ada lagi yang perlu disarankan kepada bupati terpilih, karena sikap masyarat jember sudah jelas.

Lebih jauh supaad menjelaskan, dirinya secara pribadi sepakat dengan masyarakat menolak pertambangan. Berkaca pertambangan di daerah lain, penghasilan daerah yang diterima dari tambang sangat kecil, tidak sebanding dengan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Bahkan pemasukan dari sektor retribusi dan pajak jauh lebih besar dibanding dari sektor tambang.

(657 views)