Rekapitulasi Manual KPU Bisa Jadi Beda dengan Hasil Quick Count Maupun Data Website KPU

AHMAD HANAFI

Jember Hari Ini – Hasil rekapitulasi suara hasil pilkada di Hotel Panorama Kamis (17/12/2015) besok, bisa jadi berbeda dengan hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei, maupun data yang dilansir melalui website KPU Kabupaten Jember.

Menurut anggota KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, hasil hitung cepat maupun website KPU tidak bisa dijadikan dasar maupun rujukan dalam rekapitulasi suara secara manual yang akan dilakukan Kamis pagi besok. Hanafi menegaskan, hitung cepat yang dilakukan beberapa lembaga survey bukan menjadi tanggung jawab KPU. Sedangkan website KPU yang melansir data C-1 TPS, hanya digunakan untuk informasi kepada publik. Sehingga data hitung cepat maupun website KPU sama-sama tidak bisa dijadikan pembanding oleh pihak manapun dalam proses rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Jember. Bisa jadi, kata Hanafi, hasil quick count dan website KPU berbeda dengan hasil rekapitulasi manual, karena akan muncul beberapa catatan-catatan khusus yang biasanya muncul dalam pleno KPU besok.

Informasi yang diterima dari Sekretariat KPU Kabupaten Jember, seluruh kotak berisi surat suara hasil rekapitulasi tingkat kecamatan sudah berada di gudang penyimpanan KPU dengan pengamanan ketat aparat kepolisian. Kotak ini nantinya baru akan dibuka jika ada pihak-pihak yang memiliki data berbeda dengan KPU. (Fath)

(916 views)