Artis Melanie Subono Menilai Pemerintah Belum Berpihak pada Buruh Migran

MELANIE SUBONO SAAT JAMBORE BURUH MIGRAN

Jember Hari Ini – Sebagai Duta Buruh Migran di 8 negara, artis sekaligus  penyanyi Melanie Subono dengan keras menyuarakan desakan agar pemerintah lebih berperan untuk membela hak buruh migran. Demikian disampaikan Melanie Subono, saat mengunjungi stand Jambore Buruh Migran di double way Universitas Jember, Selasa (24/11/2015) petang.

Menurut Melanie, selama ini buruh migran diperlakukan seperti sudah cek out dari Indonesia, dalam artian seolah mereka dianggap bukan Warga Negara Indonesia lagi. Sehingga setiap kali ada persoalan yang menimpa buruh migran, pemerintah Indonesia menyelesaikannya kasus per kasus. Tidak pernah negara berupaya membuat regulasi secara umum untuk menjamin hak buruh migran. Regulasi     yang ideal, kata Melanie, bisa menjembatani kebutuhan kedua belah pihak baik itu buruh migran maupun perusahaan atau orang tempat buruh migran tersebut bekerja. Selama ini setiap kali ke luar negeri, Melanie selalu menyempatkan diri melakukan advokasi terhadap buruh migran. Baik mengunjungi buruh migran yang terjerat kasus, atau mendatangi tempat yang bisa digunakan buruh migran untuk berbagi pengalaman.

Ke depan Melanie bertekad akan lebih aktif berjuang melalui berbagai media untuk melakukan advokasi terhadap buruh migran. (Ida)

(441 views)