Libatkan Perguruan Tinggi, Panwaslih Rekrut Relawan Pengawas Pemilu

NUR ELYA ANGGRAINI cover

Jember Hari Ini – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jember melibatkan empat perguruan tinggi untuk melakukan pengawasan terhadap proses pilkada. Sejumlah mahasiswa dari keempat perguruan tinggi itu akan direkrut menjadi relawan pengawas pemilu.

Menurut anggota Panwaslih Jember, Nur Elya Anggraini, empat perguruan tinggi yang dilibatkan diantaranya, Universitas Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember, Universitas Islam Jember, dan Universitas Muhammadiyah Jember. Total 248 orang mahasiswa akan direkrut menjadi relawan pengawas pemilu yang akan ditempatkan di tiap desa dan kelurahan.

Tugas relawan pengawas pemilu ini, lanjut Ely, tidak jauh berbeda dengan pengawas TPS maupun pengawas lapangan. Mereka akan diminta untuk melakukan pengawasan, mulai dari tahapan pengiriman logistik, kampanye terbuka, hingga proses pemungutan suara. Ely berharap dengan hadirnya relawan pengawas pemilu ini, pelaksanaan pilkada di Jember berjalan secara demokratis tanpa kecurangan. Sehingga pemimpin yang dihasilkan benar-benar berkualitas sesuai harapan masyarakat. (Winarno)

(702 views)