Tahun 2016 Dana SPM Dianggarkan Rp 15 Miliar

KEPALA DINKES - BAMBANG SUWARTONO (cover)

Jember Hari Ini – Dalam APBD tahun 2016, Dinas Kesehatan akan kembali mengalokasikan dana Jamkesda non kuota senilai Rp 15 miliar. Dana ini akan diberikan kepada masyarakat miskin untuk berobat gratis di Rumah Sakit Daerah dengan menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM).

Kepala Dinas Kesehatan Jember, Bambang Suwartono, menjelaskan, alokasi anggaran sebesar Rp 15 miliar tersebut disesuaikan dengan pengeluaran SPM tahun 2015 dengan perincian Rp 7 miliar dalam APBD awal dan tambahan Rp 6 miliar dalam Perubahan APBD (P-APBD). Dari hasil evaluasi Dinas Kesehatan, lanjut Bambang, kebutuhan masyarakat yang menggunakan SPM baik di rumah sakit maupun puskesmas cukup besar mencapai Rp 1 miliar per bulan.

Sementara Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember, Yudi Hartono, mengatakan, pihaknya masih akan melakukan pembahasan terkait besaran anggaran SPM yang akan dialokasikan di tahun 2016 mendatang. Bisa saja, kata Yudi, dana yang diajukan Dinkes tersebut ditambah atau juga dikurangi, tergantung sejauh mana kebutuhan masyarakat nantinya. (Winarno)

(430 views)