Disperindag Minta Masyarakat Waspadai Pemalsuan Dokumen SIUP dan TDP

AHMAD SUDIONO

Jember Hari Ini – Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Pemkab Jember meminta kepada masyarakat lebih berhati-hati saat pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Kepada sejumlah wartawan kepala Disperindag dan ESDM Pemkab Jember, Ahmad Sudiono, mengatakan, modus pemalsuan dokumen SIUP dan TDP tersebut, biasanya dengan cara menawarkan waktu pengurusan cepat dengan imbalan sejumlah uang. Bisa dipastikan lanjut Ahmad, jika ada oknum yang menawarkan jasa seperti ini, dokumen SIUP dan TDP-nya palsu. Jika dilihat secara sepintas kata Ahmad, antara dokumen SIUP dan TDP asli dan yang palsu tidak ada perbedaan. Namun jika dilihat nomor register dokumen tersebut, pasti akan terlihat mana dokumen yang asli dan palsu.

Ahmad mengaku sangat mengapresiasi penangkapan pelaku pemalsuan dokumen tersebut oleh Polres Jember. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih berhati-hati dalam pengurusan dokumen usaha. Ahmad menghimbau kepada masyarakat mengurus sendiri dokumen tersebut tanpa melalui calo, dengan datang langsung ke kantor Disperindag dan ESDM. (Winarno)

(888 views)