Tak Bisa Tunjukkan Hasil Lab, Proyek Jembatan Balung Tetap Dihentikan

Jember Hari Ini – Kepala Dinas Pekerjaam Umum Bina Marga Jember, Rasyid Zakaria, tidak bisa menunjukkan hasil uji laboratorium material jembatan Balung. Akibatnya, Komisi C memutuskan pengerjaan proyek pembangunan jembatan tersebut tetap dihentikan sementara.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi C DPRD Jember, rekanan proyek pembangunan jembatan bermasalah itu tidak hadir dengan alasan masih mengurus uji laboratorium di Surabaya. Di hadapan Komisi C DPRD Jember, Rasyid hanya menunjukkan hasil uji dari internal Dinas PU Bina Marga yang menyebutkan jika proyek itu sudah sesuai perencanaan. Bahkan, Rasyid memastikan besi dan beton yang dipakai rekanan sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sementara berdasarkan pemeriksaan Komisi C DPRD Jember menyebutkan, besi dan beton yang dipakai oleh rekanan belum Standar Nasional Indonesia. Terbukti rekanan maupun Dinas PU Bina Marga tidak mampu menunjukkan dokumen sertifikat SNI sebagaimana mestinya.

Ketua Komisi C DPRD Jember, Siswono, menyayangkan pernyataan Rasyid karena tidak disertai bukti dokumen sertifikat. Karena laboratorium internal Dinas PU Bina Marga hanya mengukur ketebalan, menurut Siswono masih diperlukan uji laboratorium dari ITS Surabaya yang mampu menguji kelenturan dan lainnya sebagai pembanding kwalitas proyek tersebut. (Fathul)

(315 views)