KPU Evaluasi Pelaksanaan Debat Kandidat Tahap Pertama

Jember Hari Ini – Anggota KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, berharap acara debat publik pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati putaran kedua mendatang lebih baik dari debat putaran pertama Sabtu (7/11/2015) malam kemarin.

Dalam debat publik pertama, selain mulainya acara tidak tepat waktu, pengunjung yang hadir dari kedua pasangan calon juga tidak tertib, hingga meneriakkan yel-yel dan naik di atas kursi yang dinilai berlebihan.

Secara teknis menurut Hanafi juga masih terjadi beberapa masalah, seperti mikrofon mati saat debat dimulai, sehingga mengganggu konsentrasi petugas pelaksanaan acara. Hanafi juga menilai moderator yang memandu acara debat publik putaran pertama sedikit kurang tegas untuk membuat forum menjadi tenang dan nyaman. Oleh sebab itu, dalam debat publik selanjutnya, ia berharap moderator mampu mengatur acara agar forum lebih tertib, tidak seperti putaran pertama.

Saat dikonfirmasi melalu telepon selulernya, Hanafi juga berharap masing-masing tim pemenangan pasangan calon turut serta menghadirkan pengunjungnya tepat waktu, dan menghimbau agar mereka tertib mengikuti acara. Terlambatnya pengunjung dalam debat publik putaran pertama itulah yang menyebabkan dimulainya acara molor setengah jam dari jadwal yang sudah ditentukan. (Fathul

(859 views)