8 Hari Operasi Zebra Semeru, 1.300 Pelanggar Lalu Lintas Dapat Sanksi Tegas

Jember Hari Ini – Selama 8 hari digelar Operasi Zebra Semeru, 80 persen pelanggaran lalu lintas dilakukan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa, disusul kemudian kalangan karyawan swasta.

Kasatlantas Polres Jember, AKP Nopta Histaris Zusan, menjelaskan, hingga Jumat siang tercatat sekitar 1.300 pelaku pelanggaran lalu lintas sudah diberi tindakan tegas. Pelanggar terbanyak berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang mencapai 80 persen atau sekitar seribu pelanggaran. Kemudian dususul kalangan karyawan swasta yang berada diurutan kedua pelaku pelanggaran lalu lintas.

Menurut Nopta, pelanggaran masih tetap didomininasi kendaraan roda 2. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan kedua kelompok tersebut, karena memang pelajar dan karyawan swasta pengguna kendaraan roda dua mendominasi jalan raya.

Lebih jauh Nopta menjelaskan, pihaknya akan terus menggelar Operasi Zebra Semeru hingga 6 hari ke depan. Operasi tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan menanamkan budaya tertib berlalu lintas. Sebab, kecelakaan di jalan raya biasanya diawali dengan prilaku tidak tertib berlalu lintas. (Hafit)

(354 views)