Serapan Dana Pembangunan Desa Rp 260 M Tahun 2015 Baru 52 Persen

Jember Hari Ini – Hampir Rp 260 miliar dana pembangunan desa di Kabupaten Jember hingga akhir tahun ini masih terserap sekitar 52 persen saja. Meski demikian, Penjabat Bupati Jember, Supaad, optimis anggaran tersebut bisa terserap seluruhnya di akhir tahun ini. Dana Rp 260 miliar itu bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 170 miliar dana desa dari pemerintah pusat sebesar Rp 70 miliar, dan selebihnya dari dana bagi hasil cukai tembakau.

Terlambatnya serapan dana pembangunan desa itu, karena sebagian diantaranya masuk dalam Perubahan APBD di akhir tahun, sehingga proses pencairan dan realisasi pembangunannya harus dipercepat. Meski sudah ada standar operasi realisasi dana pembangunan, juga ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemerintah desa dan membutuhkan waktu cukup lama. Meski demikian, Supaad yakin hingga akhir Desember nanti dana tersebut bisa terserap seluruhnya.

Supaad menambahkan, dana pembangunan desa harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat, karena nilainya cukup besar. Oleh sebab itu, Rancangan Peraturan Daerah Tentang Desa dirasa perlu diselesaikan tahun ini, agar percepatan pembangunan pada tahun 2016 mendatang lebih baik dari tahun sekarang. (Fathul)

(519 views)