Panwaslih Antisipasi Kemungkinan Hanya Dua Pasangan Calon dalam Pilkada

Jember Hari Ini – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Jember mulai melakukan antisipasi dini terhadap kemungkinan adanya dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati bertarung dalam pemilihan Bupati Jember mendatang.

Meski demikian, menurut Ketua Panwaslih Kabupaten Jember, Dima Akhyar, tidak ada kesulitan untuk mengatasi berbagai masalah yang berpotensi timbul jika terjadi head to head pasangan Calon Bupati tersebut.

Pemilihan presiden dengan dua pasangan calon, cukup menjadi pengalaman bagi Panwaslih untuk mengantisipasi segala kemungkinan pelanggaran. Dengan hanya dua pasangan calon, memang tingkat kerawanan dan pelanggarannya lebih besar. Selain benturan politiknya cukup keras, sensitifitas masyarakat dalam menyikapi perkembangan politik harus diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah sosial.

Panwaslih Kabupaten Jember, kata Dima, juga akan melihat sejauh mana pelanggaran, ketidakadilan, dan keberpihakan pihak tertentu yang berpotensi melanggar aturan yang berlaku. Siapapun termasuk penyelenggara pemilihan Bupati, jika terbukti melakukan pelanggaran aturan, Panwaslih akan menindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku. (Fathul)

(520 views)