Maraknya Kekerasan Anak Akibat Persoalan Pendidikan dan Ekonomi

Jember Hari Ini – Istri mantan presiden Republik Indonesia, Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, menilai banyaknya kasus kekerasan terhadap anak karena persoalan pendidikan dan ekonomi masyarakat Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Shinta saat safari ramadhan di Jember, Kamis sore. Kasus kekerasan terhadap anak menjadi persoalan serius yang dihadapi bangsa Indonesia, dan harus segera dicarikan solusi bersama.

Menurut Shinta, akibat persoalan ekonomi seseorang bisa stres dan nekat melakukan kekerasan terhadap orang lain yang lemah didekatnya, termasuk anak-anak.

Selain persoalan ekonomi, lanjut Shinta, tingkat pendidikan moralitas dalam keluarga yang kurang baik, juga menjadi pemicu terjadinya kasus kekerasan dalam keluarga. Istri almarhum Gus Dur ini menegaskan, pemerintah memiliki peran penting untuk meningkatkan pendidikan moralitas, baik melalui lembaga pendidikan formal dan non formal, karena selama ini pendidikan moral tidak banyak ditanamkan di sekolah. Pemerintah juga perlu membuat perundangan-undangan yang lebih tegas, untuk memberikan perlindungan terhadap anak anak. (Fathul)

(492 views)