Dituduh Miliki Ilmu Santet, Kakek Tewas Dibunuh Tetangganya Sendiri

Jember Hari Ini – Diduga memiliki ilmu santet, seorang kakek bernama Sawi, warga Dusun Paci Desa Gelang Kecamatan Sumberbaru, Senin (6/7/2015) malam tewas dibunuh tetangganya sendiri. Korban meninggal di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan tubuh penuh luka bacok.

Kepala Urusan Pembinaan dan Operasi Reskrim Polres Jember, Iptu Prayitno, menceritakan, peristiwa pembantaian tersebut terjadi sekitar jam setengah 7 malam. Korban didatangi 3 orang laki-laki bercelurit yang masih tetangganya sendiri. Korban dituduh menyantet Pak Narti hingga meninggal sekitar 2 bulan lalu. Bahkan, korban juga dituduh menyantet Murti, tetangganya yang juga meninggal Senin sore, tanpa ada gejala sakit apapun sebelumnya.

Sebelum dibacok, korban sempat diseret sekitar 500 meter dari rumahnya. Berdasarkan keterangan istri korban, diketahui bahwa 3 orang pelaku yang menyeret korban berinisial HM, BR, dan IM. Dari keterangan saksi inilah polisi menangkap 2 dari 3 orang pelaku, yaitu HM dan BR. Dari tangan tersangka, polisi juga menyita barang bukti sebilah celurit serta songkok dengan bercak darah.

Hingga berita ini diturunkan, kedua tersangka masih ditahan di Mapolsek Sumberbaru. Tersangka dijerat dengan Pasal 340 dan 338 KUHP tentang pembuhunan berencana, dengan ancaman hukuman semur hidup atau 20 tahun penjara. Sementara tersangka SM yang langsung kabur usai membunuh korban, masih dalam pengejaran petugas. (Hafit)

(417 views)