Berkurangnya Jumlah PPL Tidak Kurangi Kualitas Pengawasan Pilkada

Jember Hari Ini – Jumlah Panitia Pengawas Lapangan (PPL) pemilihan umum kepala daerah berkurang drastis jika dibanding pileg dan pilpres lalu. Jika sebelumnya setiap desa terdapat lima orang PPL, tetapi untuk pilkada hanya ada satu orang PPL.

Ketua Panwaslih Kabupaten Jember, Dima Akhyar, mengatakan, sesuai dengan aturan pemilu yang terbaru, jumlah PPL untuk pilkada berkurang jauh dibanding pemilu sebelumnya. Namun bukan berarti dengan pengurangan jumlah PPL ini akan berdampak terhadap kualitas pengawasan pilkada. Sebab, satu bulan sebelum tahapan pemungutan suara, Panwaslih akan merekrut pengawas TPS yang jumlahnya akan disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada. Dengan demikian, lanjut Dima, meski jumlah PPL berkurang drastis, pengawasan pelaksanaan pilkada akan terbantu dengan adanya pengawas TPS yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

Dima menambahkan, saat ini proses rekrutmen untuk PPL sedang berlangsung di tingkat Panwascam. Ditargetkan pada tanggal 12 Juli mendatang, PPL sudah dibentuk dan bisa segera bekerja. (Win)

(490 views)