105 Orang Calon Jamaah Haji Asal Jember Tidak Melunasi BPIH

Jember Hari Ini – Sebanyak 105 orang Calon Jamaah Haji Kabupaten Jember tidak bisa melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama, mulai tanggal 1 hingga 30 Juni lalu. Dengan demikian, mereka yang tidak melunasi BPIH tersebut masuk dalam daftar tunggu musim haji berikutnya.

Menurut Kepala Seksi Haji Dan Umroh Kemenag Jember, Misbahul Munir, jumlah Calon Jamaah Haji Kabupaten Jember yang sudah melakukan pelunasan tahap satu sebanyak 1.566 orang jamaah atau 93 persen dari total kuota yang ada.

Meski ada pelunasan tahap 2 mulai tanggal 7 hingga 13 Juli mendatang, mereka sudah tidak bisa melunasi BPIH. Sebab, pelunasan tahap 2 hanya diberikan kepada jamaah tertentu, seperti penggabungan suami istri, orang tua dan anak, serta jamaah yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya.

Munir menambahkan, ada beberapa alasan jamaah belum melakukan pelunasan BPIH, diantaranya karena persoalan ekonomi, menunggu keluarga lain supaya berangkat bersama-sama, serta karena faktor kesehatan. Untuk kuota 105 orang yang belum melakukan pelunasan, dikembalikan ke Kemenag Pusat untuk diisi calon jamaah lain yang sudah siap. Namun, tentunya calon jamaah penggantinya belum tentu asal Jember, karena akan disesuaikan dengan nomor urut porsi di bawahnya. (Hafit)

(526 views)