Anggaran Panwaslih Belum Cair, Pengawasan Pilkada Tidak Maksimal

Jember Hari Ini – Anggaran pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah untuk Panitia Pengawas Pemilihan Bupati, hingga hari ini belum juga dicairkan. Bahkan, penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) juga belum ditandatangani.

Ketua Panwaslih Kabupaten Jember, Dima Akhyar, mengeluhkan belum cairnya anggaran tersebut. Sebab, seluruh tahapan pilkada sudah berjalan sehingga proses pengawasan yang dilakukan tidak bisa berjalan maksimal. Sementara waktu, untuk pemenuhan kebutuhan operasional panwaslih dibiayai melalui dana pribadi tiga komisioner panwaslih. Namun, menurut Dima, saat ini kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi. Sehingga, jika sampai pertengahan bulan Juli ini belum dicairkan, maka Dima memastikan jika pelaksanaan Pilkada Jember berjalan tanpa pengawasan.

Untuk itu, Dima berharap agar dana pilkada tersebut segera dicairkan. Sebab, seluruh persyaratan administrasi sudah dipenuhi oleh pihaknya. Apalagi dari 19 kabupaten kota se-Jawa Timur yang akan melaksanakan pilkada tinggal Kabupaten Jember yang anggaran untuk panwaslih belum dicairkan. (Win)

(469 views)