Jaksa dan Hakim Pengadilan Negeri Jember Periksa Barang Bukti Uang Palsu

Jember Hari Ini – Jaksa dan hakim Pengadilan Negeri Jember, Selasa siang, memeriksa barang bukti uang palsu senilai Rp 12 miliar lebih yang disimpan di kantor Bank Indonesia Jember. Pemeriksaan setempat ini dilakukan, sebelum majelis hakim Pengadilan Negeri Jember menggelar sidang dengan agenda meminta keterangan ahli dari pejabat Bank Indonesia.

Jaksa Penuntut Umum yang juga Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jember, Budi Hartono, menjelaskan, pemeriksaan itu dimaksudkan agar majelis hakim memahami perbedaan uang asli dan uang palsu, sebelum mengambil keputusan hukum. Barang bukti uang palsu yang berhasil disita Polres Jember beberapa waktu lalu tersebut tetap diamankan di kantor Bank Indonesia hingga waktu pemusnahan, setelah adanya keputusan hukum tetap nanti.

Sementara Ketua Majelis Hakim yang juga Ketua Pengadilan Negeri Jember, Nur Kholis, menyatakan, pemeriksaan setempat merupakan pengajuan dari Jaksa Penuntut Umum. Fakta dalam pemeriksaan setempat terhadap barang bukti menjadi keterangan tambahan yang disampaikan oleh saksi ahli dari Bank Indonesia dalam persidangan.

Barang bukti uang palsu senilai lebih dari Rp 12 miliar tersebut, merupakan hasil operasi dan penyitaan paling besar yang dilakukan Polres Jember. (Fathul)

(596 views)