Komisi B Minta Petani Ikut Awasi Pendistribusian Pupuk Bersubsidi

Jember Hari Ini – Untuk mengantisipasi kecurangan, Wakil Ketua Komisi B DPRD Jember, Budi Wicaksono, meminta sejumlah kios pupuk memasang pengumuman nama-nama petani dan kelompok yang berhak membeli pupuk bersubsidi di kiosnya. Dengan pengumuman itu, maka pupuk bersubsidi dari pemerintah yang dijual melalui sejumlah kios akan tersalurkan kepada petani sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang diajukan petani.

Menurut politisi Partai Nasdem itu, pengalaman membuktikan kalau pupuk bersubsidi yang berada di sejumlah kios banyak terjadi penyelewengan penyaluran yang justru merugikan petani. Sejumlah petani terpaksa kesulitan memperoleh pupuk bersubsidi, dan harus membeli dengan harga lebih mahal dari biasanya.

Budi juga meminta petani dan kelompoknya ikut serta mengawasi kios pupuk agar tidak seenaknya sendiri menyalurkan pupuk bersubsidi kepada yang tidak berhak. Jika mengetahui penyelewengan, ia berharap segera melaporkan kepada aparat terkait agar ditindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku. (Fathul)

(490 views)