Bank Indonesia Jember Siapkan Rp 2,3 Triliun Layani Penukaran Uang

Jember Hari Ini – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Achamd Bunyamin, mengingatkan masyarakat agar berhati-hati terhadap peredaran uang palsu menjelang idul fitri.

Untuk mengantisipasinya, Bunyamin menghimbau masyarakat agar menukarkan uang di outlet resmi perbankan terdekat. Bank Indonesia Jember melibatkan seluruh perbankan swasta dan Bank Perkreditan Rakyat di seluruh Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Bahkan, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sekitar Rp 2,3 triliun untuk antisipasi kebutuhan masyarakat selama ramadhan dan menjelang idul fitri. Jumlah tersebut lebih besar dibanding yang disiapkan pada lebaran tahun lalu yang hanya Rp 1,7 triliun.

Peningkatan persediaan penukaran uang sengaja ditambah karena pertumbuhan ekonomi Jember dan sekitarnya juga bertambah. Diantaranya untuk kebutuhan gaji ke-13 dan rapelan kenaikan gaji PNS pada awal bulan Juli mendatang.

Berdasarkan siaran pers Bank Indonesia Jember, selain di sejumlah bank, penukaran uang pecahan kecil juga bisa dilakukan melalui kantor kas keliling di alun-alun dan kawasan pertokoan Johar Plaza. (Fathul)

(466 views)