Disbunhut Tambah Gudang Pengering Tembakau

Jember Hari Ini – Untuk menjaga kualitas tembakau Na Ogst milik petani, Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Jember menambah bantuan untuk pembangunan sedikitnya 7 gudang pengering tembakau di kawasan Jember Selatan.

Menurut Kepala Disbunhut Jember Masykur, kualitas daun tembakau Na Ogst tidak hanya dipengaruhi pada saat masa tanamnya, namun saat pasca panen juga mempengaruhi kualitas tembakau. Misalnya, salah perlakuan saat melakukan penjemuran, pasti kualitasnya akan hancur yang ujung-ujungnya berpengaruh terhadap harga jual. Untuk itu, lanjut Masykur, agar kualitas daun tembakau terjaga, pihaknya sudah menambah gudang pengeringan sebanyak tujuh gudang. Jadi, total saat ini sudah ada 14 gudang pengeringan yang sudah diberikan kepada kelompok tani tembakau Na Ogst.

Lebih lanjut Masykur menerangkan, untuk mengantisipasi kebakaran gudang yang kerap terjadi di musim kemarau, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pemerintah desa untuk ikut menjaga keberadaan gudang pengeringan tersebut. (Win)

(510 views)