Hampir Separuh Masyarakat Jember Dinyatakan Miskin

Jember Hari Ini – Hampir separuh penduduk Kabupaten Jember dinyatakan miskin, dan mendapat program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) maupun Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember, Heru Sunarso, menyebutkan, Kabupaten Jember memperoleh alokasi Jaminan Kesehatan Nasional terbesar, yakni untuk 900 orang lebih warga miskin. Sementara melalui Program Bantuan Integrasi Daerah (PBID) Kabupaten Jember juga mengalokasi anggaran Rp 15 miliar yang bisa mengcover premi BPJS untuk 160 ribu orang lebih warga miskin. Artinya, lanjut Heru, sejuta lebih warga Jember dinilai sebagai warga miskin akan mendapat layanan kesehatan gratis dari pemerintah.

Saat dikonfirmasi apakah mereka benar-benar miskin, Heru menyebutkan jika mereka termasuk warga yang rawan miskin, dan layak menerima bantuan sosial.

Dengan besarnya jumlah penerima bantuan ini, Heru berharap kepala desa dan camat melakukan verifikasi secara cermat, agar bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak tumpang tindih seperti pendataan tahun 2011 lalu. (Fathul)

(559 views)