BPJS Bagikan Ribuan Kartu Masyarakat Miskin yang Tercover APBD 2015

Jember Hari Ini – BPJS Kesehatan mulai hari ini menyerahkan kartu BPJS untuk warga miskin yang dianggarkan Pemkab Jember melalui APBD 2015. Dari 65 ribu orang warga miskin yang didaftarkan Pemkab Jember, hanya 42 ribu lebih warga yang memenuhi syarat, karena selebihnya sudah terdaftar dalam BPJS mandiri maupun perusahaan tempat kerjanya.

Dengan demikian, menurut Kepala BPJS Kesehatan Jember, Ismail Marzuki, dari anggaran Rp 15 miliar yang disiapkan Pemkab Jember, hanya terserap Rp 5,4 miliar. Jika anggaran itu tidak dialihkan untuk kebutuhan lainnya dalam Perubahan APBD 2015, maka Pemkab bisa mendaftarkan warga miskin lainnya yang belum tercover BPJS.

Sementara Sekretaris Kabupaten Jember, Sugiarto, menyatakan, sisa anggaran BPJS untuk warga miskin senilai Rp 9,6 milyar tidak akan dialihkan untuk kebutuhan yang lain. Ia justru berharap dalam tahun 2015 ini, anggaran tersebut tetap dimanfaatkan untuk BPJS. Sehingga tidak hanya 65 ribu orang warga miskin yang tercover, tetapi bisa mengcover lebih dari 100 ribu orang lagi. Kartu BPJS Kesehatan diberikan secara simbolis dalam sosialisasi dengan sejumlah camat dan kepala puskesmas se-Jember. (Fathul)

(642 views)