Disperindag Patenkan Batu Akik Khas Jember

Dinas perindustian dan perdagangan esdm jember akan mematenkan nama batu akik khas jember agar tidak di klaim daerah lain.
Menurut kepala disperindag esdm jember ahmad sudiyono sedikitnya ada 50 jenis batu akik di jember yang berkelas internasional, bahkan berdasarkan penelitian para ahli kabupaten jember memiliki ratusan jenis batu akik namun belum bisa menjadi ikon jember.
Jumlah jenisnya menurut ahmad cukup banyak namun jumlah bongkahannya tidak sebanyak daerah lain seperti sumatra dan kalimantan, ia berharap upaya mematenkan nama batu akik jember beserta sertifikasinya selesai dalam waktu dekat dan menjadi ikon jember.
Diberitakan sebelumnya ada sejumlah batu akik jember yang diperjualbelikan dalam pasar festival akik beberapa waktu lalu yang kwalitasnya tidak kalah menarik dengan batu asal daerah lain.
Bahkan sejumlah pengrajin sudah membentuk komunitas batu akik jember untuk mempercepat pemasaran lokal maupun diluar kota, umumnya mereka mencari bebatuan di daerah tempurejo kawasan taman nasional meru betiri gunung argopuro watu ulo dan pasir putih malikan atau papuma.
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< Fathul

(513 views)