Pendukung Calon Bupati Jalur Perseorangan Demo Persoalkan Syarat Pendaftaran Jalur Perseorangan

Puluhan warga yang mengaku pendukung bakal calon bupati dari jalur perseorangan unjukrasa memprotes ketatnya persyaratan pendaftaran di kpu kabupaten jember rabu pagi.
Unjukrasa dengan membentangkan sejumlah poster dan menggunakan pengeras suara dilakukan puluhan warga saat berlangsung sidang paripurna di gedung dprd jember.
Salah seorang pengunjukrasa ahmad aris menilai syarat dukungan dengan menunjukkan 168 ribu ktp yang disertai surat pernyataan dukungan sangat memberatkan rakyat.
Menurutnya ketentuan persyaratan bakal calon bupati perseorangan sangat menciderai demokrasi keadilan dan sarat diskriminasi.
Ia berharap kepada kpu kabupaten jember memberlakukan pengecualian kepada calon perseorangan dengan meringankan persyaratan tersebut.
Perwakilan pengunjukrasa kemudian ditemui anggota komisi a dprd dan anggota kpu kabupaten jember mohammad sai’in di ruang komisi a dprd.
Dihadapan mereka sai’in menegaskan jika kpu kabupaten jember hanyalah penyelenggara pemilihan bupati dan wakil bupati sesuai amanat undang-undang.
Persyaratan yang diberlakukan untuk bakal calon perseorangan bukanlah kebijakan kpu kabupaten jember melainkan sesuai undang-undang dan peraturan kpu dan serentak berlaku sama di seluruh indonesia.
Jika ada sebagian rakyat yang tidak sepakat dengan ketentuan itu bisa mengajukan permohonan gugatan ke mahkamah konstitusi atau langsung menyampaikan ke kpu republik indonesia.
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< FATHUL ---------------------

(394 views)