Komisi E DPRD Jatim Mensinyalir Ada Atlet Luar Daerah Ikut Porprov Jatim

Jember Hari Ini – Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Mochammad Eksan, mensinyalir ada sejumlah atlet dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim di Banyuwangi, berasal dari luar Provinsi Jawa Timur.

KONI Jatim harus melarang jika ada kabupaten atau kota yang menggunakan atlet luar daerah. Sebab, Porprov adalah ajang pembinaan sekaligus pencarian atlet potensial asal Jatim untuk diorbitkan secara nasional seperti PON maupun laga internasional seperti SEA GAMES, ASEAN GAMES, hingga Olimpiade.

Menurut Ketua DPD Nasdem Jember ini, pelaksanaan Porprov tidak boleh dinodai kecurangan, baik dari panitia, peserta, maupun official. Eksan mengaku menerima laporan kabupaten-kota yang menggunakan atlet dari Jawa Barat.

Eksan menegaskan menghalalkan segala cara untuk meraih prestasi merupakan bentuk kecurangan. Kalau Pekan Olahraga Propinsi Jawa Timur disusupi atlet dari luar Jatim, berarti KONI Jawa Timur lalai dalam melakukan verifikasi karena melahirkan prestasi palsu.

Untuk penyelenggaraan Porprov ke-5 di Banyuwangi, KONI menerima dana sebesar Rp 18 miliar. Lebih dari 9.000 atlet tampil dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur yang dipusatkan di Banyuwangi. Seluruh atlet berasal dari 38 kabupaten-kota se-Jawa Timur. (Hafit)

(444 views)