Anggaran Belum Cair, Tahapan Pilkada Berjalan Tanpa Pengawasan

Jember Hari Ini – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jember, terancam berjalan tanpa adanya proses pengawasan dari Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Jember.

Ketua Panitia Pengawas Pilkada Jember, Dima Akhyar, ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengaku, hingga hari ini belum ada kepastian dari Pemkab, kapan anggaran untuk Panwaslu akan dicairkan. Padahal, lanjut Dima, tahapan Pilkada saat ini terus berjalan. Salah satunya adalah pendaftaran Bakal Calon Bupati dari jalur perseorangan. Jika anggaran untuk Panwas tidak segera dicairkan, maka tahapan pengawasan Pilkada secara otomatis akan terganggu.

Dima mencontohkan, untuk tahapan pelantikan Panwascam serta rekrutmen panitia pengawas lapangan dan TPS, hari ini belum bisa dilakukan. Hal itu karena Panwas sama sekali tidak memiliki anggaran untuk melanjutkan seluruh tahapan.

Untuk itu, Dima berharap kepada Pemkab Jember agar segera mencairkan dana untuk Panwaslu. Sebab, seluruh berkas administratif sebagai syarat pencairan anggaran telah dipenuhi oleh sekretariat Panwaslu Kabupaten. (Win)

(423 views)