Dana Pilkada Belum Cair, Gaji PPK dan PPS Tertunda

Jember Hari Ini – Penyelanggara pemilu di tingkat bawah, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Desa dan PPS, terpaksa harus gigit jari. Sebab, gaji mereka di bulan Juni belum bisa dibayar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember.

Menurut Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi, hingga Senin siang KPU belum mendapat kepastian dari Pemkab, kapan proses pencairan dana Pilkada. Sehingga gaji pertama PPK dan PPS di bulan Juni belum bisa terbayarkan.

Total, kata Hanafi, di setiap bulannya dana yang dibutuhkan untuk gaji PPK dan PPS sebesar Rp 900 juta. Sejauh ini belum ada keluhan baik dari PPK maupun PPS mengenai keterlambatan pembayaran gaji tersebut. Untuk itu, Hanafi meminta kepada PPK dan PPS sedikit bersabar dan tetap bekerja dengan profesional, meskipun ada keterlambatan pembayaran honor.

Hanafi berharap kepada Pemkab Jember agar sebelum tanggal 3 Juni mendatang, dana untuk pelaksanaan Pilkada bisa dicairkan. Sebab, jika belum cair, maka KPU Jember akan berkoordinasi dengan KPU RI untuk mempertimbangkan penundaan pelaksanaan Pilkada. (Win)

(499 views)