6 Orang Ibu Hamil Penderita HIV AIDS Jalani Perawatan Intensif

Jember Hari Ini – Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) dokter Soebandi sedang melakukan perawatan khusus terhadap 6 orang ibu hamil penderita HIV-AIDS, agar tidak menular terhadap bayi yang dikandungnya.

Kepala Klinik Voluntary Counceling and Terting (VCT) RSD Dokter Subandi Jember, Justina Evy Tyaswati, perawatan itu merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan dengan memberikan obat anti virus selama sekitar 6 bulan. Diharapkan ibu hamil tersebut nantinya bisa melahirkan bayi dengan normal. Meski demikian, bayi yang baru lahir nantinya juga akan langsung diberikan obat anti virus yang sama selama 18 bulan, agar selamat dari penularan HIV-AIDS tersebut. Jika selama 18 bulan rutin mengkonsumsi anti virus dan aman dari HIV-AIDS, maka dipastikan bayi tersebut selamat dari penyakit mematikan tersebut.

Saat ini, tambah Evy, RSD dr. Soebandi, juga sedang merawat 8 anak yang dilahirkan dari ibu penderita HIV-AIDS yang semuanya telah dinyatakan negatif dari virus tersebut. Hingga akhir bulan Mei, RSD dr. Soebandi mencatat 1.800 orang positif terinveksi HIV-AIDS. (Fathul)

(544 views)