Panwaslih Kepala Daerah Kabupaten Jember Perketat Praktek Money Politic

Karena biaya kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati akan dibiayai kpu panitia pengawas pemilihan bupati jember akan memperketat terjadinya money politic atau politik uang dalam pemilukada mendatang.

Menurut ketua panwaslih kabupaten jember dima akhyar dengan pembiayaan kampanye oleh kpu pasangan calon bupati dan wakil bupati hendaknya bisa mencegah terjadinya politik uang tersebut.

Sebab pembiayaan kampanye oeh kpu dimaksudkan agar kampanyr berlangsung demokratis serta tidak banyak membebani pasangan calon bupati dan wakil bupati, termasuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya politik uang.

Sebagaimana pemilu sebelumnya praktek money politik sudah menjadi kebiasaan oleh calon yang sulit dibendung. Oleh sebab itu dengan peraturan yang berlaku panwaslih akan mengajak peran serta masyarakat untuk menhindari praktek politik uang tersebut.

Sebelumnya kpu kabupaten jember melakukan sosialisasi tahapan dan program pemilukada jember kepada semua partai politik, salah satunya menyosiaisikan tentang biaya kampanye yang ditanggung oleh kpu tersebut.

Beberapa kegiatan yang dibiayai kpu adalah pemasangan iklan pasangan calon melalui media hingga pembuatan bahan kampanye seperti baliho dan poster, pasangan calon atau partai pengusung hanya boleh mmebiayai kegiatan lain diluar kampanye yang dibiayai kpu.

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< 

Fathul

(426 views)