POLIJE Izinkan Lulusan SMA dengan Nilai Rendah Ikuti Seleksi Ujian Masuk

Jember Hari Ini – Siswa lulusan SMA atau sederajat yang mempunyai nilai Ujian Nasional dibawah standar, tetap bisa melanjutkan kuliah di Politeknik Negeri Jember (POLIJE).

Diberitakan sebelumnya, meski nilai Ujian Nasional dibawah standar dan harus mengikuti Ujian Nasional ulang pada tahun berikutnya, sekolah tetap meluluskan siswanya. Sebagian orang tua siswa khawatir, putra-putrinya tidak bisa melanjutkan kuliah karena rendahnya nilai Ujian Nasional dan harus mengikuti ujian ulang tersebut.

Sedangkan pihak Dinas Pendidikan Jember menyebutkan bisa atau tidaknya lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan kuliah, menjadi kewenangan Perguruan Tinggi yang menjadi tujuannya.

Kepala Humas Politeknik Negeri Jember, Mahsus Nurmanto, menyatakan syarat utama mendaftar sebagai mahasiswa POLIJE adalah ijazah atau surat keterangan lulus dari sekolah. Jika calon mahasiswa yang nilai Ujian Nasional saat di SMA rendah, tetapi nilai ujian masuk POLIJE baik, maka tetap diterima sebagai mahasiswa. Menurut Mahsus, nilai Ujian Nasional hanya sebagai syarat administrasi, tidak menjadi dasar untuk diterima atau tidaknya sebagai mahasiswa POLIJE. (Fathul)

(711 views)