Meski Sudah Ditutup, Aktivitas Tambang Pasir di Ambulu Semakin Marak

Jember Hari Ini – Meski sudah dihentikan, namun aktivitas tambang pasir di sungai Desa Sumberejo Ambulu, semakin bertambah banyak. Oleh karena itu, Komisi B DPRD Jember akan memanggil Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan, terkait aktivitas tambang pasir tersebut. Menurut Ketua Komisi B DPRD Jember, Bukri, DPU pengairan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM bersama Komisi B DPRD Jember sudah sepakat menghentikan aktivitas tambang pasir Desa Sumberejo. Namun setelah dilakukan pengecekan, dan berdasar informasi dari masyarakat setempat, aktivitas tambang semakin parah dan mengancam terjadi kerusakan alam.

Sesuai rencana, Komisi B DPRD Jember akan memanggil DPU Pengairan Rabu (27/5/2015) besok, dengan harapan agar aktivitas tambang pasir di sungai setempat tidak melanggar aturan yang berlaku.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM akan memberikan program pemberdayaan ekonomi kepada pekerja tambang pasir yang dihentikan Pemkab Jember, karena menggunakan alat penyedot pasir berskala besar. Program akan diberikan Disperindag ESDM sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat, agar tetap memperoleh penghasilan untuk keluarganya. (Fathul)

(492 views)