Tokoh NU Nilai KH. Ahmad Siddiq Layak Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Jember Hari ini – Mantan Rois AM PBNU, KH. Achmad Siddiq, sangat layak diusulkan sebagai pahlawan nasional. Demikian diungkapkan adik kandung Gus Dur, Sholahudin Wahid, dalam lokakarya penyusunan naskah akademik untuk mengusulkan KH. Ahmad Siddiq menjadi pahlawan nasional di Fakultas Hukum UNEJ, Senin siang.

Saat memaparkan makalahnya, Gus Sholah menjelaskan, setidaknya ada 6 kriteria untuk bisa menjadi pahlawan nasional. Diantaranya yakni punya keberanian tinggi untuk bersikap dan memperjuangkan keyakinannya, serta punya integritas tinggi. Gus Sholah menilai kyai Ahmad Siddiq berperan dalam menyusun kajian yang disajikan dalam munas alim ulama NU pada 1983, untuk memakai Pancasila sebagai asas Negara. Kajian beliau bisa meyakinkan peserta munas ulama NU untuk menyetujui dokumen hubungan islam dan Pancasila.

Hal senada disampaikan sesepuh NU, KH. Muhid Muzadi. Kyai Ahmad Siddiq memang memiliki mental sebagai pahlawan dalam mempertahankan Pancasila dan keutuhan NKRI. Bahkan, Kyai Muchid juga sempat membantu Kyai Ahmad Siddiq merumuskan makalah. (Hafit)

(556 views)