Pabrik Semen dengan Nilai Investasi Rp 5 Triliun Akan Berdiri di Puger

Jember Hari ini – Di wilayah Gunung Sadeng Kecamatan Puger akan segera beridiri pabrik semen dengan nilai investasi Rp 5 triliun. Pabrik berkapasitas produksi 1.000 ton per bulan itu diprediksi mulai beroperasi tahun 2017 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM Jember, Ahmad Sudiono, menyebutkan, izin prinsip pabrik semen tersebut dari Provinsi Jawa Timur sudah selesai. Sedangkan izin gangguan lingkungan atau HO, sejauh ini masih dalam proses. Investor rencananya akan membebaskan lahan milik warga seluas 50 hektar lebih untuk berdirinya pabrik berkapasitas besar tersebut. Pabrik semen itu nantinya juga akan melakukan penambangan di Gunung Sadeng seluas 43 hektar lebih.

Sementara itu, Anggota D DPRD Provinsi Jawa Timur, Hadinuddin, menyebutkan, hingga sekarang Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum mengeluarkan izin untuk pabrik semen tersebut. Ia mengaku sudah mengecek langsung ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM Provinsi, ternyata belum ada satupun permohonan izin pendirian pabrik semen yang direkomendasi. Hadinuddin berharap pembangunan pabrik semen di Puger tidak menyalahi Undang-Undang dan bermanfaat untuk masyarakat lokal. (Fathul)

(744 views)