Enam Besar Calon Panwascam Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Jember Hari ini – Enam besar calon Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Pilkada, mulai Senin pagi menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test). Direncanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan itu digelar hingga enam hari kedepan.

Ketua Panwas Pilkada Kabupaten Jember, Dima Akhyar, menjelaskan, Uji Kelayakan dan Kepatutan merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui calon Panwascam. Mereka akan diuji sejauh mana pengetahuan mengenai kepemiluan, baik Undang-Undang, hubungan dengan stakeholder, serta komitmen terhadap tugas mereka untuk mengawal pelaksanaan Pilkada. Diharapkan dengan Uji Kelayakan dan Kepatutan tersebut, Panwas Pilkada Kabupaten Jember akan bisa mengetahui kemampuan masing-masing peserta, sehingga mereka yang terpilih nantinya benar-benar layak dan memiliki rekam jejak yang baik.

Setelah proses Uji Kelayakan dan Kepatutan tersebut, Komisioner Panwas Pilkada akan menggelar rapat pleno untuk menentukan siapa 3 calon terpilih menjadi Komisioner Panwascam. (Win)

(538 views)