Dinkes Ajukan Tambahan Anggaran Jamkesda Non Kuota Rp 8 Miliar

Jember Hari Ini – Dinas Kesehatan Pemkab Jember akan mengajukan alokasi tambahan anggaran untuk program Jamkesmas non kuota sebesar Rp 8 miliar pada proses Perubahan APBD mendatang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Bambang Suwartono, di APBD awal tahun 2015 lalu, Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk program Jamkesmas non kuota. Hingga hari ini anggaran itu sudah tersisa sekitar Rp 1 miliar.

Dengan kondisi anggaran tersebut, Bambang memastikan tidak akan mencukupi hingga akhir tahun mendatang. Jika melihat pengalaman anggaran di tahun sebelumnya, penggunaan anggaran Jamkesda non kuota berkisar pada angka Rp 13 miliar. Untuk itu, Dinkes akan mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp 8 miliar pada Perubahan APBD mendatang. Diharapkan usulan tambahan anggaran tersebut akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang masih menggunakan Surat Keterangan Miskin.

Lebih lanjut Bambang menerangkan, dari data Dinas Kesehatan, setiap hari pengurusan Surat Keterangan Miskin di Dinkes antara 10-20 orang. Jika melihat angka tersebut, masih terbilang cukup tinggi. (Win)

(583 views)