Pemerintah Pusat Pastikan Pilkada Serentak Siap Dilaksanakan Tahun 2015

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Luhut B Panjaitan, menyatakan pilkada serentak siap dilaksanakan pada tahun ini. Kalaupun masih terjadi silang pendapat, antara pemerintah dengan DPR maupun kesiapan di beberapa daerah di Indonesia, namun dianggapnya masih dalam taraf wajar. Komunikasi pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri dengan DPR, juga lebih baik dari sebelumnya. Sehingga dipastikan tidak akan menghambat program nasional pilkada serentak tersebut.

Luhut mengakui adanya isu miring yang seakan perbedaan pendapat antara pemerintah dan DPR menghambat pelaksanaan pilkada serentak. Namun sesungguhnya masalah yang terjadi tidak berdampak signifikan.

Sebelum memberikan kuliah umum di Universitas Jember, Senin siang, Luhut Panjaitan menegaskan jika pilkada serentak sangat menghemat anggaran kampanye bagi pasangan calon dan APBN. Ia berharap semua daerah yang akan menyelenggarakan pilkada, baik pemilihan gubernur maupun bupati bisa memahami niat baik pemerintah, dan bisa menyelenggarankannya dengan baik. (Fathul)

(432 views)