Lebih dari 70 Persen PPS Pilkada Wajah Baru

Lebih dari 70 persen anggota Panitia Pemilihan Desa (PPS) untuk penyelanggara pilkada Jember merupakan wajah baru. Hal itu terlihat saat pelantikan PPS di aula PB Sudirman Pemkab Jember, Senin siang.

Komisioner KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, menjelaskan, banyaknya wajah baru tersebut merupakan konsekuensi dari aturan terbaru yang melarang penyelanggara mulai PPK, PPS, dan KPPS menjabat selama dua periode. Sehingga secara otomatis, dari 744 anggota PPS se-Kabupaten Jember yang dilantik hari ini merupakan penyelanggara baru. Meski demikian, Hanafi mengaku tetap optimis meskipun didominasi wajah baru, mereka akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Apalagi, KPU akan menambah volume pelaksanaan bimbingan teknis penyelanggaraan pemilu bagi PPK dan PPS. KPU akan melaksanakan sebanyak 9 kali bimtek agar penyelanggara dibawah bisa bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Sugiarto, berharap agar PPS yang baru dilantik bisa bekerja dengan maksimal dan tetap independent serta profesional, sesuai dengan aturan perundang- undangan yang berlaku. (Win)

(445 views)