Puluhan Sopir PT Alfaria Trijaya Hingga Senin Siang Bertahan Mogok Kerja

Puluhan sopir angkutan barang PT Sumber Alfaria Trijaya yang melakukan mogok kerja, tak mau disebut mangkir oleh perusahaannya. Meski demikian, hingga Senin siang 29 orang sopir perusahaan toko berjaringan itu masih bertahan menempati tenda perjuangan di depan pintu gerbang gudang Alfamart.

Salah seorang koordinator aksi mogok, Edy, menyatakan, selain aksi mogoknya memenuhi syarat Undang-Undang, mereka juga selalu absen tiap pagi dan sore. Absen dibuat secara tertulis, diberikan kepada manajemen perusahaan melalui satpam yang bertugas di pintu gerbang gudang PT Sumber Alfaria Trijaya. Dengan demikian, menurutnya, sopir yang melakukan mogok kerja tidak bisa dianggap mangkir. Sehingga perusahaan juga tidak bisa menjatuhkan sanksi sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya Jember, Danny Febrianto, saat dikonfirmasi menyatakan para sopir yang mogok tidak tercatat absen oleh manajemen. Manajemen perusahaan hingga sekarang menilai mereka tidak masuk kerja. Sebab, mereka tidak masuk gudang, melainkan hanya duduk di tenda yang berada di luar gudang. Satpam yang bertugas juga menyatakan tidak ada titipan absen kepadanya. (Fathul)

(536 views)