Berkas Perkara Kasus Uang Palsu Senilai 12 Milyar Dinyatakan P-21

Berkas kasus pembuat dan pengedar uang palsu 12 setengah milyar rupiah yang berhasil di ungkap polres jember beberapa waktu lalu akhirnya dinyatakan p-21 atau lengkap.

Kepala seksi pidana umum kejaksaan negeri jember budi hartono menjelaskan setelah dilakukan penelitian selama 2 pakan jaksa menyatakan berkas perkara yang diajukan penyidik kepolisian p-21. Pihaknya hanya tinggal menunggu pelimpahan tahap 2 atau  penyerahan tersangka dan barang buktinya dari penyidik polres jember.

Budi juga menjelaskan berkas kasus tersebut displit menjadi 4 berkas sesuai peran masing – masing tersangka. Keempat tersangkadi jerat pasal  36 dan 37 uu ri nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang junto pasal 244 dan 245 kuhp tentang uang palsu.

Kepala bagian operasi reskrim polres jember iptu prayitno mengakui sudah menerima surat penetapan p-21 dari kejaksaan negeri jember. Saat ini pihaknya sedang berkordinasi untuk melakukan persiapan pelimpahan tahap 2. Ia memperkirkan pelimpahan tahap 2 akan dilakukan awal pekan depan.
Sebelumunya empat orang tersangka  ditangkap tim remob polres jember karena diduga membuat dan mengederkan uang palsu di jember.

Keempatnya adalah a-s  pecatan polisi warga kabupaten jombang a-m seorang guru honorer di banyuasin- sumatera selatan a- k warga kabupaten jombang  dan k-m warga kabupaten kediri.

Mereka juga  diduga merupakan salah satu jaringan nasional pembuat dan pengedar uang palsu dengan sasaran pilai jawa dan indonesia bagian timur
Hafid

(534 views)