Kabupaten Jember Akhirnya Memiliki Perda RTRW

Jember Hari Ini – Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang dan Wilayah (Raperda RTRW) Kabupaten Jember, Senin siang, akhirnya ditetapkan melalui rapat paripurna antara DPRD dan Pemkab Jember.

Usai rapat paripurna, Bupati Jember, MZA Djalal, mengatakan, setelah ditetapkan bersama oleh Pemkab dan DPRD, Perda RTRW akan dikirim kembali ke Pemprov Jawa Timur untuk dilakukan koreksi. Diperkirakan, lanjut Djalal, proses koreksi dari Gubernur akan memakan waktu sekitar tiga hari. Setelah itu, Perda yang telah dikoreksi akan dikirim kembali kepada Pemkab untuk dibuatkan Peraturan Bupati agar segera diterapkan.

Djalal berharap, dengan disahkannya Perda RTRW tersebut, seluruh proses pembangunan di Kabupaten Jember telah memiliki rujukan. Sehingga, seluruh kebijakan yang diambil nantinya tidak bertentangan aturan yang ada.

Seperti diketahui, pembahasan Raperda RTRW memakan cukup waktu lama. Sempat terjadi perdebatan antara Pemkab dan DPRD, terutama berkenaan klausul pertambangan pada pasal 46. Akhirnya, hasil revisi Raperda RTRW dari Gubernur Jawa Timur ternyata memasukkan klausul pertambangan pada pasal 46.(Win)

(715 views)