BPJS Kesehatan Tidak Tanggung Biaya Pemeriksaan Kesehatan Lengkap

Jember Hari Ini – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak akan menanggung biaya pemeriksaan lengkap (general check up) untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta BPJS.

Kepala Cabang BPJS Jember Kesehatan, Mohammad Ismail Marzuki, menyebutkan, jika BPJS hanya menanggung biaya konsultasi untuk pencegahan dan pengobatan sesuai dengan penyakit yang direkomendasikan dokter. Dengan demikian, jika peserta BPJS ingin mengetahui kondisi kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan lengkap ke laboratorium di luar rekomendasi dokter, maka menjadi beban mandiri yang bersangkutan.

Pernyataan Ismail Marzuki itu menanggapi banyaknya keluhan masyarakat peserta BPJS Kesehatan, terkait tidak adanya biaya general check up dari BPJS Kesehatan. Padahal, untuk mengantisipasi suatu penyakit, seseorang harus melakukan pemeriksaan lengkap ke laboratorium sehingga lebih mudah untuk pengobatan dan pencegahannya. Dengan tidak ada biaya dari BPJS Kesehatan, maka masyarakat tidak bisa mengetahui kondisi kesehatannya menggunakan biaya dari BPJS Kesehatan tersebut. (Fathul)

(511 views)