Pembengkakan Anggaran Pilkada Akan Dibahas dalam P-APBD Mendatang

Jember Hari Ini – DPRD Jember menyiapkan skenario penyesuaian anggaran untuk pelaksanaan pilkada dalam proses Perubahan APBD (P-APBD), jika memang nantinya benar- benar terjadi pembengkakan anggaran.

Wakil Ketua DPRD Jember, Ayub Junaidi, menegaskan, jika pelaksanaan pilkada tidak akan terganggu dengan faktor anggaran. Sebab, di APBD awal sudah disiapkan anggaran sekitar Rp 100 miliar. Untuk anggaran KPU Jember sendiri disiapkan sebesar Rp 70 miliar dengan asumsi pilkada dilaksanakan sebanyak dua putaran. Jika memang nantinya diprediksi membengkak untuk pengadaan alat peraga, maka DPRD akan segera mempercepat proses P-APBD. Hanya saja, kata Ayub, saat ini KPU masih menunggu petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang hingga hari ini belum ditetapkan.

Sebelumnya, KPU Jember memperkirakan anggaran untuk pilkada akan membengkak. Jika dilihat dari draft Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang telah diterima KPU, pembengkakan anggaran itu terjadi pada pengadaan alat peraga kampanye dan iklan di media massa. (Win)

(426 views)