Hidupkan Kembali Siskamling Diyakini Dapat Halau Penyebaran Paham ISIS

Jember Hari Ini – Menghidupkan Siskamling yang berkesinambungan dinilai ampuh untuk menekan kriminalitas serta menghadang penyebaran Paham Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS).

Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, mengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan rasa aman di wilayah kampungnya masing-masing. Dengan kegiatan lomba Siskamling, Polres Jember ingin menghidupkan kembali budaya gotong-royong yang mulai memudar. Padahal, budaya siskamling melalui bunyi kentongan merupakan budaya asli Indonesia, yang diakui dunia sangat bagus dan efektif menekan kejahatan. Mantan Kapolres Bondowoso ini juga menjelaskan, lomba tersebut juga bagian dari cipta kondisi menjelang pilkada serentak. Diharapkan masyarakat tidak terombang-ambing panas persaingan perebutan kursi kepala daerah.

Sementara Wakil Ketua PCNU Jember, Misbahus Salam, menyatakan, kegiatan ini akan bersinergi dengan tugas ulama dan ustadz untuk memberikan pemahanan keagamaan kepada masyarakat secara benar. Menyampaikan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin, bahwa Islam tidak mengajarkan kekerasan dalam berdakwah dan menyampaikan ajarannya. (Hafit)

(394 views)