Rencana Pembangunan Pelabuhan di Gumukmas, Berdampak Ekonomis

Jember Hari Ini – Pembangunan pelabuhan baru di Desa Kepanjen Gumukmas diharapkan bisa mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Jember, Muhammad Cahyono, menyebutkan, jika masyarakat Desa Kepanjen sudah menyetujui rencana pembangunan pelabuhan tersebut. Bahkan, menurutnya, persetujuan masyarakat selain secara lisan pada saat sosialisasi, juga disampaikan secara resmi tertulis dengan harapan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Cahyono berharap, masyarakat tidak lagi hanya menjadi penonton terhadap adanya pelabuhan baru, tetapi harus menjadikan itu sebagai peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Sebelumnya, Pemkab Jember memilih Desa Kepanjen Gumukmas menjadi tempat pembangunan pelabuhan baru, karena dinilai cukup menunjang segala aspek perekonomian Jember. Selain ombaknya tidak terlalu besar akibat adanya Pulau Nusa Barong, kedalaman lautnya juga memadai, lahannya luas, serta dekat dengan sarana umum lainnya, seperti jalan, fasilitas air, dan listrik. (Fathul)

(845 views)